Popular Books

“Sebuah contoh fiksi etnografis yang digarap dengan baik”

Dewan Juri Sayembara Novel DKJ 2018

Plot

Oetimu: suatu wilayah kecil di pelosok Nusa Tenggara Timur. Masa itu adalah paruh kedua 1990an, dan kejadian-kejadian di wilayah Indonesia selebihnya mau tak mau berdampak kepada kehidupan sosial orang-orang di kampung yang terpencil itu. Kolonialisme Indonesia di Timor Timur kian disorot dunia internasional, sementara warisan kekerasan antara militer Indonesia dan gerilyawan Fretilin ikut menyebar ke wilayah sekitarnya, demonstrasi menentang Soeharto kian marak di kalangan mahasiswa, dan Brazil berhadap-hadapan dengan Prancis di final Piala Dunia.

Novel mengasyikkan yang menggambarkan masyarakat Timor Barat dengan segala kepelikannya, di mana gereja, negara, dan tentara berperan besar dalam kehidupan sosial. O ya, juga sopi dan seks.

cover orang-orang oetimu
cover buku kita saling mencinta

116 pages, Paperback
March 3, 2021 by Gramedia Pustaka Utama
ISBN 9786020648712

Plot

Kita Pernah Saling Mencinta adalah buku puisi perdana Felix K. Nesi. Dalam buku ini terangkum jejak kepenyairan Felix selama rentang 2008-2019. Persoalan keluarga, kerontangnya alam, dan peliknya menjadi yang bukan diutamakan adalah tema-tema yang digaungkan dalam buku puisi ini.

A powerful book of short stories presented with an aggressive language and bold honesty. This first book by Felix demonstrates the writer’s deep meditation on relationship and its grim sides. 

Plot

“Membunuh sepi itu dahsyat dan melelahkan. Mereka banyak dan tak habis-habis. Kaubunuh satu sepi, sepuluh sepi datang kemudian.” Usaha Membunuh Sepi

“Kadang saya kasihan pada anak-anak muda ini, yang tidak mulai menulis tapi menghabiskan waktunya untuk merumuskan bagaimana caranya menjadi penulis yang baik.” Kenangan

“Bagi lelaki yang terlalu lama sendiri, tiap tatapannya adalah ketiadaan. Seperti lift yang tiba-tiba berhenti dan membuka, namun tak ada yang menunggu. Sedang kau terburu-buru.” Sang Penulis

cover usaha membunuh sepi
cover kapten hanya ingin ke dili

Stellar, as expected from Kak Felix.
This book can surely bite!
Each one feels like punches straight to your gut.
Amazing exploration of social issues, themes, cultures, and people.

Plot
Kisah-kisah di buku ini memperlihatkan kepada kita bagaimana kuasa bekerja dan bagaimana kekerasan dan kuasa dengan K besar bisa menjangkau sudut-sudut kehidupan paling pribadi. Pembaca bisa melihatnya bercerita tentang penjajahan, perang, kekerasan seksual, adat dan norma sosial, tapi ia juga bisa dibaca sebagai orang-orang menjalani kesehariannya, memiliki cinta dan mimpi, bersiasat dengan hal-hal yang menimpa mereka. Seperti biasa, Felix K. Nesi memberikan kita gambaran mengenai Timor tanpa pretensi romantik dan mengeksotikkan diri.
Scroll to Top